Selasa, 13 Januari 2015

BERAPA LAMA SUGESTI BISA BERTAHAN PADA KLIEN

Disaat sugesti kita berikan  lalu klien kita bangunkan, terkadang suka berpikir kembali apakah sugesti itu masih berlaku atau tidak pada diri klien ? jawabanya bisa " YA " dan Juga bisa " TIDAK "

Kenapa bisa " YA "
Sugesti akan masuk kedalam otak kiri kita, jika sugesti itu bisa diterima oleh akal sehat maka akan bersipat permanen. ada beberapa cara agar sugesti bisa permanen di pikiran kita.



1. Gunakan kalimat - kalimat positif dan menghindari penggunaan kata JANGAN, AKAN, BUKAN, TIDAK, atau kata lain yang bersifat negative. Kata yang seharusnya digunakan adalah kata MULAI SEKARANG DAN SETERUSNYA, ANDA SEDANG, SELALU, SENANTIASA, ANDA SUDAH. Dsb. harus berisi kepastian dan tidak menimbulkan harapan, untuk itu hindari penggunaan kalimat SEANDAINYA, MUDAH-MUDAHAN, SEMOGA DLL

2. Kalimat-kalimat hipnotis harus diucapkan dengan lancar, tanpa kata-kata seperti “eee…”, “mmm..”, “eh…”, dan sebagainya. Kalimat hipnotis biasanya adalah kalimat perintah bernada sugestif, singkat, padat, dan diucapkan berulang-ulang.

3. Yang perlu diingat, tempo, ritme, nada, dan volume saat mengucapkan kalimat hipnotis harus konsisten.

Kenapa bisa " TIDAK "
Sugesti akan masuk ke otak kiri kita, tetapi dalam waktu 2 - 3 hari jika klien merasa ini tidak masuk diakal. Maka akan hilang sugesti yang diberikan itu secara perlahan.

Contoh Kasus : Jika klien hypnotherapy di beri sugesti untuk berhenti merokok dengan merasakan pait pada rokok tersebut. Yang akan terjadi selang beberapa hari sugesti ini akan hilang karena hasil dari pengalaman klien merokok itu tidaklah pait.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar